Jumat, 10 Februari 2017

Cara Mencegah Efek Berbahaya dari Obesitas

Cara Mencegah Efek Berbahaya dari Obesitas - Sebuah studi baru dari Universidade Estadual Paulista (UNESP) di Brasil mengungkapkan bahwa mengkonsumsi jeruk dan buah jeruk lainnya dapat menunda atau mencegah efek negatif dari obesitas pada model tikus. Penelitian ini, yang akan dipresentasikan pada 252 National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS), menunjukkan bahwa kelas antioksidan yang ditemukan dalam buah jeruk, disebut flavanon, bisa menurunkan stres oksidatif, mengurangi kerusakan hati, darah rendah lemak dan penurunan gula darah.

Obesitas dapat menyebabkan sel-sel lemak yang akan diperbesar. Sel-sel lemak membesar menghasilkan tingkat tinggi spesies oksigen reaktif, yang dapat merusak sel-sel dalam proses yang disebut stres oksidatif.
Untuk penelitian ini, para peneliti diperlakukan 50 tikus dengan tiga jenis flavanon-hesperidin, eriocitrin dan eriodictyol-ditemukan dalam jeruk, lemon dan limau. Para peneliti membagi tikus untuk kelompok, yang menerima diet standar, diet tinggi lemak, diet tinggi lemak dengan hesperidin, diet tinggi lemak dengan eriocitrin dan diet tinggi lemak dengan eriodictyol.
Para peneliti menemukan bahwa kelompok tikus menerima diet tinggi lemak memiliki 80 tingkat persen peningkatan dari sel-kerusakan penanda yang disebut asam thiobarbituric zat reaktif (TBARS) dalam darah dan 57 persen di hati dibandingkan dengan tikus pada diet standar. 
Di sisi lain, hesperidin, eriocitrin dan eriodictyol penurunan tingkat TBARS dalam hati sebesar 50 persen, 57 persen dan 64 persen, masing-masing. Selanjutnya, eriocytrin dan eriodictyol juga mengurangi tingkat TBARS dalam darah sebesar 48 persen dan 47 persen, masing-masing, sementara hesperidin dan eriodictyol telah mengurangi akumulasi lemak dan kerusakan di hati.

Cara Mencegah Efek Berbahaya dari Obesitas

Menurut siaran pers , ketiga jenis flavanon digunakan dalam studi ini menyebabkan tikus untuk menurunkan berat badan. Namun, antioksidan dalam buah jeruk membuat mereka lebih sehat dengan stres yang lebih rendah oksidatif, kerusakan hati kurang, lipid darah dan glukosa darah.
Dengan temuan mereka, para peneliti berencana untuk menentukan cara terbaik untuk mengelola flavanon, apakah dalam jus jeruk, dengan mengkonsumsi buah atau diramu menjadi obat.  Mereka juga mengharapkan percobaan mereka akan dilakukan dalam percobaan manusia untuk menentukan apakah flavanon bisa memiliki efek yang menguntungkan yang sama dengan manusia. Obesitas dapat menyebabkan atau memperburuk beberapa kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

0 komentar:

Posting Komentar