Jumat, 24 Februari 2017

Pantangan makanan Darah Tinggi Yang Jarang Disadari

Pantangan makanan Darah Tinggi Yang Jarang Disadari

Pantangan makanan Darah Tinggi Yang Jarang Disadari jangan disepelekan. Sebab, andaikata ingin sukses untuk memulihkan kondisi, maka perlu diikuti dengan memperhatikan asupannya pula.

Bukan tanpa alasan membahas topik ini, mengingat jumlah penderita darah tinggi khususnya tanah air semakin meningkat dari tahun ke tahun. Darah tinggi berarti darah yang mengalir setelah tekanan dilakukan jantung bertindak berlebihan.

Di indonesia, darah tinggi termasuk penyebab kematian nomor tiga paling signifikan dibawah stroke dan TBC. Darah tinggi dapat membunuh secara diam-diam, karena tidak ada gejala yang khas sebagai peringatan dini.

Tekanan tersebut akan diketahui saat diukur melalui alat yang dinamakan tensimeter. Gambaran darah tinggi dapat digambarkan dalam tekanan darah sistolik (tekanan darah puncak saat jantung sedang berdetak) dan tekanan darah diastolik ( level terendah saat darah mencapai jantung dan jantung dalam keadaan santai).

Rasa sakit kepala yang hebat, bahu yang berat, memudar semangat, selalu mengantuk dan emosi yang meluap. Semua gejala awal ini bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi setiap penderita.
Tersimpan beberapa faktor yang dapat menyebabkan darah tinggi, yaitu:
  • Latar belakang keluarga.
  • Kegemukan atau obesitas.
  • Merokok dan minum alkohol.
  • Garam (sodium) kebanyakan pada diet.
  • Minim potasium.
  • Terlalu sedikit vitamin D.
  • Stres.
  • Ras dan usia seseorang.
  • Riwayat kronik tertentu. Seperti, kolestrol tinggi, diabetes, penyakit ginjal, dan “sleep apnea”.
  • Terkadang kehamilan juga berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Makanan Yang Penting Dihindarkan Pasien Darah Tinggi

Darah tinggi harus bisa dihindari karena mampu berkomplikasi penyakit lain yang lebih berat diantaranya stroke, serangan jantung, dan batu ginjal. Alangkah baiknya berhati-hati dalam menyantap makan karena ada makanan tertentu yang akan memperparah penderitaan anda.
Pahami kategori pantangan penyakit darah tinggi adalah:
  1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak, ginjal, paru, minyak kelapa, gajih).
  2. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam natrium (biskuit, craker, keripik dan makanan kering yang asin).
  3. Makanan dan minuman dalam kaleng (sarden, sosis, korned, sayuran serta buah-buahan dalam kaleng, soft drink).
  4. Makanan yang diawetkan (dendeng, asinan sayur/buah, abon, ikan asin, pindang, udang kering, telur asin, selai kacang).
  5. Susu full cream, mentega, margarine, keju mayonnaise, serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi/kambing), kuning telur, kulit ayam).
  6. Bumbu-bumbu seperti kecap, maggi, terasi, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lain yang pada umumnya mengandung garam natrium. Untuk kecap, sebaiknya gunakan produk khusus kecap manis bebas gula dan rendah garam.
  7. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian, tape.
Adakah Solusi tepat? Cek Obat Darah Tinggi

0 komentar:

Posting Komentar