Senin, 06 Februari 2017

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal - Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital, karena organ ini mempunyai fungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang terletak di daerah dekat pinggang. Ukuran panjang setiap organ ginjal sekitar 10 cm dengan berat sekitar 200 gram.

Ginjal mempunyai peran yang sangat penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, tekanan darah, dan dalam merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, serta membantu mempertahankan kalsium untuk kesehatan tulang. Besarnya peranan ginjal untuk tubuh menjadi alsan pentingnya menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ginjal :

1. Mengatur pola makan
Makanan merupakan satu hal yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan ginjal. Karena itulah, mengatur pola makan dapat mempengaruhi tingkat kesehatan ginjal. Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ginjal anda bisa mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, anda juga harus bisa membatasi makanan yang di pantang seperti makanan olahan, makanan dengan lemak tinggi, serta makanan dengan kandungan garam tinggi.

2. Aktif bergerak
Cara yang paling mudah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan ginjal adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Sebaiknya anda rutin beraktivitas atau melakukan olahraga. Karena, kesehatan ginjal bisa terjaga dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur.

3. Jaga berat badan
Obesitas atau berat badan berlebih menjadi salah satu sumber berbagai jenis penyakit. Salah satunya bisa mempengaruhi kondisi dan kesehatan ginjal. Karena banyaknya lemak yang menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan kinerja ginjal terganggu, dan ginjal tidak bisa berfungsi secara normal. Jadi, bagi anda yang ingin menjaga dan meningkatkan kesehatan ginjal, pastikan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

4. Kontrol tekanan darah
Salah satu pemicu gangguan yang terjadi pada ginjal adalah tekanan darah tinggi. Sehingga, untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan menghindari berbagai jenis gangguan pada ginjal anda harus bisa menjaga tekanan darah agar tetap normal.

5. Minumlah air putih
Konsumsi air putih minimal 6-8 gelas dalam satu hari memang sudah di anjurkan oleh pakar kesehatan. Karena umumnya sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Jadi air sangat dibutuhkan dan sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk menjaga kesehatan ginjal.

Nah, itulah beberapa Tips Menjaga Kesehatan Ginjal. Kesehatan amat sangat penting, terlebih ginjal, karena perannya yang sangat luar biasa dalam keberlangsungan hidup kita. Bisa anda bayangkan jika anda memiliki penyakit ini berapa banyak waktu dan biaya yang akan anda keluarkan? Untuk itu jagalah kesehatan ginjal Anda.

Post by: Indahnya Hidup Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar